Sabtu, 02 Maret 2013

WASPADA SAKIT JANTUNG PADA WANITA



Wanita sebaiknya harus berhati-hati terhadap resiko serangan jantung. Sebagian besar, wanita biasanya tidak tahu gejala dari sakit jantung.

Berikut ini merupakan gejala sakit jantung yang seringkali dirasakan oleh wanita :
  • Dada tidak selalu nyeri
Gejala sakit jantung sebenarnya bukan cuma dada yang terasa nyeri. Terutama pada wanita, beberapa gejala seperti gangguan pencernaan hingga sulit bernapas tanpa disertai dada nyeri juga bisa menjadi indikasi adanya sakit jantung.


  • Lelah berlebihan
Semua orang wajar jika merasa lelah setelah beraktivitas. Namun sekarang rasa lelah yang berlebihan bisa berarti banyak hal. Misalnya kurang tidur, sedang demam, reaksi obat, sampai gejala dari sakit jantung.


  • Insomnia kronis
Sulit tidur setiap malam atau sering terbangun ketika beristirahat juga sebaiknya tidak disepelekan. Sebab sebuah penelitian pernah menyebutkan kalau wanita yang sakit jantung sebelumnya kerap terganggu tidurnya di malam hari.


  • Warna kulit
Beberapa wanita biasanya mengalami perubahan warna kulit menjadi abu-abu pucat sebelum terkena serangan jantung. Jadi ketika menyadari gejala seperti ini, ada baiknya wanita segera berkonsultasi dengan dokter.


  • Gejala mirip flu
Rasa sesak di dada, pusing, mual, muntah, hingga pingsan biasanya diindikasikan sebagai gejala flu. Tetapi sebenarnya hal itu juga bisa menjadi petunjuk akan adanya gejala sakit jantung yang diderita wanita.


Sebenarnya, sebanyak 80 persen penyakit jantung itu bisa dicegah. Jadi sebelum menunjukkan gejala-gejala yang sudah disebutkan, cobalah menjalani gaya hidup sehat untuk mencegah penyakit jantung.

0 komentar:

Posting Komentar